Rabu, 30 Desember 2015

Sambutan Ketua RW 13 Kentagor - Biogas

Kata Sambutan RW 13 KENTAGOR
Sosialisasi Biogas dan Dampaknya

Assalammualaikum Warahamatulahi Wabarakatuh. 
Salam Sejahtera bagi kita semua.
Selamat Pagi

Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa bahwa pada hari ini Minggu tanggal 20 Desember 2015, kita dapat hadir dan berkumpul di tempat TPS 3R Kencana untuk sosialisasi Pengelolahan Sampah Rumah Tangga berteknologi Biogas dan Dampaknya bagi kita sekalian. Sudah sepatutnya kita Bersyukur atas rahmat besar ini yaitu : hari yang begitu kita nantikan dapat terlaksan meskipun dalam cuaca mendung dan hujan.

Pertama-tama terima kasih atas kehadiran kita sekalian, teristimewa ;

1.     Yth., Tim Teknis Biogas, Ibu Sri Wahyuni MP yang dikenal sebagai Ratu Gas Indonesia
2.     Yth., Kadis  DKP Kota Bogor
3.     Yth., Camat Tanah Sareal kota Bogor
4.     Yth., Lurah Kencana
5.     Yth., Babinsa Kencana
6.     Yth., Babinkamtibmas Kencana
7.     Yth., Ketua LPM
8.     Yth., Para tamu undangan
9.     Yth., Para Ketua-Ketua RT dan Pengurusnya, dari RT 1 sampai RT 5
10. Dan Secara Khusus kepada seluruh warga RW 13 Kentagor, yang kami banggakan dan cintai.

Sejarah Berdirinya TPS 3R Kencana ( Dituturkan oleh saksi sejarah ) :

1.     Awalnya pada tahun 2000,  Kurang lebih 15 tahun lalu, sampah  belum menjadi masalah karena baru dihuni sekitar 25 KK.

2.     Seiring dengan berjalannya waktu sampah yang tadinya tidak bermasalah menjadi masalah : penumpukan, bau busuk yang menyengat, jadwal angkut sampah TPS warga ke TPA tidak rutin  karena  biaya iuran sampah warga tidak memcukupi , akhirnya sampah membukit hanya dibakar sekali-sekali jika petugas ada waktu dan tidak dalam musim hujan, sampai berbuntut pada lokasi TPS yang berpindah 3 kali.

3.     Akhirnya beberapa warga sebagai pemerhati sosial mencarikan solusi untuk mengatasi persoalan sampah. Melalui program TPS 3R Pemerintah daerah membantu kesulitan warganya dengan membangun TPS 3R Kencana  sebagai terobosan solusi dalam mengatasi  sampah rumah tangga. Program itu kemudian  disambut baik dan didukung oleh  warga RW 13.

Manfaat yang dialami setelah TPS 3R kencana beroperasi selama 3 tahun

1.     Tidak ada Penumpukan Sampah

                 2.     Terbentuknya Bank Sampah sebagai tambahan ekonomi rumah tangga

                 3.     Dalam Prestasi pengelolaan TPS 3R Kita mendapat penghargaan sebagai terbaik ke 2 
                       secara berturut-turut  yaitu Pada tahun 2014  dan 2015, dalam rangka Hari Jadi kota 
                       Bogor.
4.   Struktur permodalan keuangan dalam pengelolaan TPS 3R masih lemah alias belum kuat karena masih menerima subsidi dari pemkot Bogor melalui dinas DKP. Maka melalui kesempatan ini kami meminta perpanjangan kebijakan setahun lagi untuk disubsidi sebelum dihapus sama sekali. 
Kemajuan yang sudah dicapai itu,tidak lepas dari kritik dan saran warga, pendampingan dan pembinaan oleh pemerinta demi untuk semakin meminimal efek negative yang terus diupayakan dengan segala keterbatasan, Misalnya :

1.   Kita mendapat bantuan CSR dari PT Arrtu Group yaitu : 2 unit bajay Listrik untuk dapat membantu proses angkut sampah dari rumah ke TPS 3R

2.  Dari 3 orang yang menerima mandat sebagai kader TPS 3R tersisa Bapa Aji saja, dengan segala keterbatasan beliau mampu bertahan selama 3 tahun. Secara khusus kami bangga kepada Bapa Aji yang dapat dan sudah dipercaya oleh pemerintah dalam pendampingan TPS 3R di Ciparigi, Oleh karena itu perlu adanya regenerasi ketua TPS 3R Kencana. Regenerasi kami sudah lakukan dengan dipilihnya Bapa Udin sebagai Ketua TPS 3R yang Baru untuk periode 3 Tahun kedepan 2016 – 2018

                 3.     Sekarang Bapa dan Ibu semua yang hadir sekarang  menjadi saksi atas 
                        peristiwa Sejarah yaitu dibangunnya Olahan sampah BioGas  skala Rumah Tangga.

Pada Kesempatan yang berbahagia ini, Sekali lagi selaku ketua RW 13 kami mengucapkan Terima Kasih kepada Pemerintah Daerah yang begitu penuh perhatian kepada kami Warganya. Berbagai Fasilitas telah kami rasakan dan alami secara nyata. Dan sekarang ini kami berharap semoga melalui Sosialisasi Manfaat dan Dampak dari Biogas, warga kami semakin  merapatkan barisan, bersatu-padu membangun RW 13 Yang Mandiri, sehingga menjadi Pantas dan layak sebagai RW percontohan Tingkat Internal RW sekelurahan, Kecamatan, kota Bogor dan Provinsi, Nasional bahkan tinggat Internasional.

Dan melalui website atau blog informasi RW 13 bisa diakses secara langsung oleh siapa saja dan dimana saja. Termasuk Laporan Keuangan yang akuntabel dan transparansi. Dengan Motto ; “ Berbuat dengan Karya”. Bukan berbuat dengan bibir, atau dengan kalimat lain : Bukan NATO = No action Talk only. Ngomong Doang Kerja ngak mau. Kesadaran itulah yang membuat RW 13 semakin terdepan. (Jangan Kalah dengan motto yamaha)
Dalam  Sesi berikut dipersilahkan kepada warga yang ingin mengetahui lebih dalam tentang biogas dan dampaknya untuk bertanya. Saya mengharapkan Tanya jawab itu disampaikan secara santun dan beradab sesuai adat ketimuran dan kearifan lokal sebagai tradisi budaya leluhur kita.

Akhirnya, tanpa terkecuali kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya acara ini sebagai salah satu metode untuk semakin mencerdaskan warga menuju RW yang Mandiri, kami Ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa dan tak henti-hentinya memberikan rahmat dan Hidayanya kepada kita semua


Wassalammualaikum Warahmatulahi  Wabarakatuh.
Ketua RW 13 Kentagor
Karep Rahardjo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar